>

Rabu, 15 Oktober 2014

Be Punctual and Professional, please!!!

Pernah nggak sih kita menunggu teman atau nunggu apa pun itu? Gimana rasanya? Pasti sangat nggak nyaman dan menyebalkan. Alhasil kita cuma bisa ngedumel sendiri dan setelah yang ditunggu datang baru bisa menumpahkan semua emosi. Dalam budaya kita sangat sering kita temui jam karet, janjiannya jam berapa tapi datangnya lebih lama dari yang ditentukan. Setiap orang memenag memiliki pribadi yang berbeda-beda ada yang sabar dan ikhlas menunggu tapi ada juga yang nggak sabar ada yang punya kegiatan lain juga. Bagi golongan ini mereka sering ngomong waktu itu uang dan sangat penting.
Bagi saya pribadi, saya selalu mencoba untuk datang ontime karena telah disepakati sebelumnya. Tapi ya namanya saja orang beda-beda ada yang datengnya telat banget bahkan pernah juga nunggu ssampai satu jam. Dan setelah itu orang yang ditunggu nggak minta maaf atau sejenisnya. Hufffft, sakitnya tuh di sini!!! Menghargai orang lain sangatlah penting, karena orang menilai kita dari apa yang kita lakukan. Kemudian juga profesional itu juga sangat penting terutama dalam dunia kerja, sering saya temui ketika mengikuti interview kerja, perusahaan meminta datang jam sekian, katakanlah jam 10 pagi, saya datang intime (sebelum jam 10, misalnya jam sepuluh kurang) dan setelah itu saya masih harus menunggu sampai setengah jam atau satu jam lebih. Dan itu sangat tidak nyaman, penilaian saya terhadap perusahaan itu sudah turun drastis.  Perusahaan mestinya memprioritaskan pelamar yang datang terlebih dahulu karena mereka menunjukkan kedisplinan, daripada hanya berdasarkan urutan abjad atau gender mungkin. Udah nggak jaman kali! Ketika jumlah pelamar yang mengikuti wawancara banyak mungkin juga bisa menurunkan staff HRD yang lebih dari satu agar wawancaranya cepat selesai.

Bisa saja pelamar yang memiliki potensi sudah badmood duluan karena kelamaan nunggu dan menjawab pertanyaan interview asal-asalan. Jadi tepat waktu dan profesional itu sangat penting di mana pun itu. Aplikasikanlah mulai saat ini juga!

2 komentar:

  1. Iya, bener banget. Kebiasaan ngaret yg keterlaluan kayak gitu harusnya dihilangkan, apalagi kalo berhubungan sama dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja kebiasaan itu pelan-pelan bisa hilang dan timbul kesadaran dalam diri bahwa begitu pentingnya menghargai waktu.

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.