>

Selasa, 09 September 2014

Makam Apung Demak; Wisata Religi dan Wisata Alam Sekali Jalan

senja di makam apung

Makam Apung adalah sebuah objek wisata religi yang berada di desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak. Disebut makam apung karena makam ini seolah-olah berada di tengah laut. Makam ini adalah makam ulama yang bernama Seikh Abdullah Mudzakir. Dahulu kala makam ini berada di perkampungan, namun karena abrasi yang terjadi hingga menggusur keberadaan kampung tersebut, dan makam ini tetap ada sampai sekarang. Untuk mencapai makam ini aksesnya tidak begitu sulit, dari pintu gerbang pantai Morosari masuk ke barat sekitar 1,8 km. Untuk yang belum tahu lokasinya bisa tanya warga setempat yang tengah melintas.
jalan menuju makam

Cukup dengan membayar uang parkir saja, kita bisa berziarah ke makam tersebut. Selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan laut dan hijaunya hutan mangrove yang kita lewati sebelum sampai ke makam. Kita harus menyeberang di jalan setapak beton untuk mencapai tempat ini, dianjurkan untuk jalan kaki agar bisa menikmati suasana dan juga karena keadaan jalan yang sudah rusak. Ada juga pengunjung yang memakai motor sampai ke hutan mangrovenya, tapi karena keadaan jalan yang tidak begitu baik lagi dan sekalian olahraga berjalan kakilah untuk mencapai tempat ini. Selama menyebrang kita akan disuguhkan pemandangan di bagian kiri tersaji pemandangan kawasan industri di Semarang dan di sebelah kanan gugusan hutan mangrove terhampar menyejukkan mata.
makamnya ada di ujung

Banyak remaja yang hanya menikmati pemandangan mangrove di sini, jadi bagi muda-mudi yang tengah berkunjung ada baiknya untuk menjaga sikap agar tidak terlalu dekat apalagi bermesraan karena ini bukan tempat wisata biasa. Di hutan mangrove ini kita bisa melihat banyaknya burung-burung laut yang tengah beraktivitas, jangan kaget bila melihat sampah yang menumpuk di sela-sela akar mangrove. Jika datang ke tempat ini di sore hari, tunggulah sampai senja karena senja di tempat ini juga  indah.

di hutan mangrove


Selamat berziarah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.