>

Jumat, 01 Agustus 2014

Resensi “Kisah-kisah Kekejaman Israel di Palestina”

Judul buku                                           : Kisah-kisah Kekejaman Israel di Palestina
Penulis                                                 : Budi Santoso
Penerbit                                               : IRCISoD (Imprint DIVA Press)
Kota Terbit                                          : Yogyakarta
Tahun Terbit                                         :  Februari, 2011
Jumlah Halaman                                   : 358 halaman

ISBN                                                   : 978-602-978-510-4

Buku ini memuat kisah-kisah para korban kekejaman Israel yang dibagi dalam beberapa bagian seperti:  Kisah Seputar Dunia Anak-anak yang berisi tentang anak-anak  yang kehilangan ibunya karena konflik ini, kehidupan mereka yang dicekam kecemasan dan kematian, dan juga perjuangan anak-anak dalam melawan tentara Israel. Kisah Seputar Dunia Perempuan dan Laki-laki berisi tentang kekejaman yang dialami oleh para perempuan dan laki-laki yang berasal dari penduduk sipil maupun relawan, ada juga membahas soal pasukan mistis.  Kisah Nonpersonal, Sejarah Konflik Gaza, dan Yahudi. Selain itu juga membahas tentang bantuan kemanusiaan, media, hasil bumi dan potensi hewani Palestina, dan tentu saja masa depan perdamaian.
Kisah-kisah dalam buku ini disajikan layaknya sebuah prosa fiksi sehingga tidak terlalu berat untuk dibaca, dan juga menggunakan bahasa yang ringan. Terlalu fokus di Gaza, padahal judulnya Palestina, tak membahas yang di Tepi Barat juga. Buku ini tidak mempunyai catatan kaki, sehingga menimbulkan keraguan tentang sumber aslinya terutama di bagian sejarah konfliknya. Selain itu juga di bagian daftar pustaka banyak sekali sumber dari situs-situs yang beberapa  abal-abal. Sumber dari buku pun tak ada sama sekali.
Kesimpulannya buku ini mencoba memberikan informasi tentang kekejaman Israel, tapi dengan sedikit referensi yang valid.

1 komentar:

  1. Semoga kepedulian umat muslim di Indonesia terus bertambah dalam berusaha membantu menyalurkan donasi kemanusian untuk saudara muslim dimanapun berada, baik di negara sendiri dan juga di negara lain yang menderita akibat perang seperti di Gaza Palestina dan Suriah saat ini. Jazakumullah khoir

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.