>

Kamis, 22 Mei 2014

Resensi Handbook of Business Letters

Judul buku                                           : Handbook of Business Letters
Penulis                                                 : Roy W. Poe
Penerjemah                                          : Tanto Supriyanto
Penerbit                                               : PT. Bhuana Ilmu popular
Kota Terbit                                          : Jakarta
Tahun Terbit                                         :  Maret, 2008
Jumlah Halaman                                    : 363 halaman

ISBN                                                    : 979-694-377-8
Buku ini membahas tentang seluk beluk surat bisnis, dari soal bagaimana cara menulisnya, kriteria surat bisnis yang baik atau yang tidak baik dan penggunaan bahasa dalam menulis surat bisnis. Buku ini terdiri dari 14 bagian dan 41 bab, setiap bagian membahas jenis surat bisnis secara umum kemudian dipecah lagi secara detail dalam bab yang membahas surat secara mendalam apa macamnya dan disajikan contoh-contohnya. Yang dibahas dalam buku ini adalah surat-surat bisnis yang pada umumnya ditemukan pada dunia bisnis. Surat-surat yang dijelaskan dalam buku ini antara lain; surat permohonan dan tanggapannya, surat-surat pengiriman, surat konfirmasi dan pengumuman, komunikasi penjualan, surat dari pelanggan untuk pemasok, surat dari pemasok kepada pelanggan, surat-surat kredit dan penagihan utang, memorandum, surat hubungan dengan pembicara tamu, surat humas dan kepegawaian, surat yang dibuat oleh asisten eksekutif, surat hubungan kepegawaian, surat untuk mendapatkan pekerjaan dan komunikasi kepegawaiaan lainnya, dan terakhir surat korespondensi sosial.
Kelebihan buku ini adalah di setiap bagian dan sebelum masuk bab diberikan penjelasan pengantar untuk pembaca, sehingga pembaca bisa memahami apa yang akan dibahas. Contoh-contoh suratnya juga sangat hidup dengan disajikan situasi kenapa surat itu ditulis. Contoh-contohnya juga sangat lengkap.
Kelemahan buku ini adalah dalam contoh surat yang berbahasa Inggris masih banyak ditemukan kosakata dan idiom dalam bidang business English yang masih belum bisa dipahami oleh pembaca awam.
Kesimpulannya buku ini sangat cocok dibaca oleh mahasiswa bahasa Inggris yang mendapatkan matakuliah Business Correspondence atau Secretaryship. Buku ini juga bisa digunakan oleh pengajar dan juga untuk orang-orang yang bekerja dalam bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.