>

Senin, 03 November 2014

Ulasan Film “My Bromance”


Yeayyy, akhirnya bisa nonton film ini juga, setelah mendengar dari teman-teman di forum online dan juga searching di internet. Film ini bergenre drama dengan bumbu keluarga, romansa dan persahabatan. Dan tentu saja bertema gay. Film ini rilis tahun 2014 dan berasal dari Thailand.



Bromance berasal dari dua kata yaitu brother dan romance—hubungan kedekatan antara pria tapi bukan gay. Penasaran dengan ceritanya? My Bromance berkisah tentang Golf yang suatu hari mendapati ayahnya pulang, Golf yang sangat merindukan ayahnya kaget ketika melihat seorang wanita dan anak lelaki ikut ayahnya. Mereka adalah ibu dan adik Golf yang baru. Golf merasa dikhianati oleh ayahnya, dia tidak bisa menerima keadaan ini. Golf pun mem-bully Bank—adik tirinya. Sahabat Golf, Jied melihat bullying itu sudah keterlaluan dan meminta Golf untuk menghentikannya. Tapi Bank berkata bahwa dia melakukannya karena kehendaknya sendiri. Golf pun berterima kasih pada Bank, dan sejak itulah Golf melunak dan mulai memberi perhatian pada Bank. 

Bank dan Golf

Kedekatan mereka berdua lama-lama tidak hanya sebatas saudara tapi menjadi pasangan kekasih yang mencintai satu sama lain. Pada awalnya Golf tidak menunjukkan perasaannya tapi setelah mengetahui P’Thom—vokalis band di sekolah—menyukai Bank, dia pun mulai cemburu. Sahabat-sahabat Golf dan Bank menerima mereka berdua sebagai pasangan, bahwa sebagai sahabat mereka akan menerima sahabatnya walau bagaimanapun mereka. 

Golf menunjukkan kemesraannya di tempat umum saat membeli perlengkapan untuk berlibur dan Bank pun merasa risih. Usai liburan, konflik itu pun dimulai. Bibinya Golf melihat Golf tengah menindih Bank yang kelelahan setelah liburan, meski tak terjadi apa-apa hal tersebut memicu kemarahan luar biasa bibinya dan memarihi serta memukul Golf, Bank pun membelanya sambil menangis. Setelah memutuskan akhirnya Golf memberi tahu ayahnya bahwa dia mencintai Bank, tentu saja ayahnya sangat marah dan memintanya untuk pergi ke Amerika. Ibunya Bank lebih bisa menerima keadaan anaknya. Bank merasa hancur mengetahui bahwa Golf harus ke Amerika meninggalkannya mengingkari janjinya. Enam bulan kemudian Golf pulang, tentu saja Bank sangat senang dan menyambutnya, namun kenyataan pahit harus ditelan Bank lagi. Golf pulang bersama gadis yang akan ditunanginya. Bank pun menjalin hubungan dengan P’Thom sebagai pelampiasan, suatu malam Golf menunggu Bank yang pulang larut, terjadilah pertengkaran di jalan raya yang mengakibatkan keduanya kecelakaan.

Keadaan Bank parah, setelah diperiksa ginjal Bank tidak berfungsi dan akhirnya Golf mendonorkan ginjalnya. Setelah sembuh Bank tidak mendapati Golf di rumah, keluarga dan teman-temannya mengatakan bahwa dia belajar di Amerika. Ketika ulang tahun Bank, ia mendapatkan hadiah dari Golf, sepasang cincin yang Bank ingin beli, tapi telah dibeli lebih dulu oleh orang lain yang tidak lain adalah Golf. Dan juga sebuah surat dari Golf. Perasaan Bank tak karuan karena dibohongi, ia menangis sejadi-jadinya mengetahui bahwa Golf telah mati karena tumor otak yang ditemukan setelah kecelakaan itu. Sebuah ending yang diluar dugaan. Dan tentu saja menguras emosi. Kematian tokoh dalam film ini tidak menciderai cerita, karena kematian yang masuk akal, tidak karena bunuh diri atau kecelakaan yang sering ditemui di fiksi gay Indonesia.

Film ini soft, banyak hal yang bisa diambil dari film ini. nilai-nilai persahabatan dan juga keluarga. Penerimaan sahabat. Penolakan orangtua. Penerimaan orangtua. Semuanya ada di film ini. banyak dialog-dialog bagus dalam film ini yang terlewatkan dan tak sempat ditulis karena begitu menikmati ceritanya yang mengharu biru. Film ini mengambil setting di Chiang Mai dan menampilkan tempat-tempat indah di situ. Tokoh Bank dalam film ini terlihat lemah, tapi tidak begitu sissy. Bank ini juga membuat iba ketika menonton film ini. Pada akhirnya film ini sangat layak ditonton karena pesan yang begitu kuat dan tentu saja minim adegan ranjang karena film remaja.

53 komentar:

  1. wah.. aku belum nonton dan malah dapet spoiler
    oke sejauh ini saya udah punya filmnya
    btw blog ini keren dan berisi semua film yang saya mau
    izin liat ngubek" nyari referensi. hahaa

    BalasHapus
  2. Terima kasih udah berkunjung dan meninggalkan komentar.

    BalasHapus
  3. Dan akhirnya saya nton jg movie ini
    hiks... Bank tu senyumny manis banget. Bikin mupeng
    huuhuuu
    sedih deh liat mereka b2
    yg aq paling suka ps bank ngomong ke emakny
    'aku mungkin gay tapi bukan berarti aku menyukai..??' lupa endingnya. Haha

    BalasHapus
  4. kok lupa endingnya? nangis gak pas nonton? hahahaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. lupa ending kata" si Bank. haha
      ga nangis sih cuma sedih doang
      jarang lah nton movie nangis apalagi kalau ga lagi galau
      tapi film ini keren ya
      coba tayang di bioskop indonesia. iihhhh...pasti langsung nonton.
      dulu pengen nonton film Jakarta apa gitu? lupa.. haha. sayang ga ada

      Hapus
  5. Film nya bagus, sedih, dan gaada film yg bertemakan gay yg bagus nya kaya gini :) bravo!

    BalasHapus
  6. "Meskipun aq gay, bukan berarti dengn mudah aq menyukai dan tidur dgn orng lain" kata si bank, bber2 nih film penuh pesan moral bener2 berkualitas, kpn nih indo bikin film ginian,,,,, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin nanti, kalau udah terbuka.

      Hapus
    2. Kalo Indonesia ,,lebih banyak film siluman daripada film ginian

      Hapus
  7. Filmnya bagus, tapi coba tidak pake tema gay, pasti lebih bagus, agak jijik ngeliatnya, bromance aja udah cukup sebenernya, ini malah pake unsur gay :3

    BalasHapus
  8. Kasian si Bank harus bisa nerima kalau p'Golf udah meninggal part itu yg bener2 air mata menetes

    BalasHapus
  9. seru. ost nya pgn download apa judulnya? baru download yg harmonica sunrice

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di youtube ada kok filmnya sudah sub indonesia..
      neh saya baru selesai nonton:-)

      Hapus
    2. Di youtube ada kok filmnya sudah sub indonesia..
      neh saya baru selesai nonton:-)

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim ke email aku juga mas zuhal boleh? ardianmunandar1@gmail.com

      Hapus
  12. Keren min film nya g kalah sama the love is siam. Sejujurnya wajar aja si kan toh mereka saudara tiri, ngaku yg punya saudara tiri siapa yg oernah cium kening becanda sama kemana-mana selalu berdua.? G terlalu mesra juga. Intinya setiap insan berhak atas kebahagian masing-masing dalam hidup nya menjadi apapun itu. Itu adalah sebuah pilihan, nyatanya di dapati bahwa GOLF rela mati demi BANK karena apa.? Karena cinta mereka sudah Abadi... I LOVE YOU BANK untuk terakhir kalinya BANK mendengar dan melihat kata itu, malau maut memisahkan takan lekang Cinta tersebut tumbuh abadi dalam dunia dan akhirat. NOTE: DARIPADA SAUDARA TIRI RIBUT MULU REBUTIN IKAN ASIN DI DAPUR UDAH KAYAK TIKUS AMA KUCING hahaha jangan terlalu serius soalnya gue abis netesin air mata liat ni Film min huhuhu "." Fans film thailand bgt! Kapan indonesia kreatif kyk gini :x banyak cekalan jadi susah haha..

    BalasHapus
  13. Semalem nonton film ini sampe sesenggukan...nangis nggak karuan...

    BalasHapus
  14. Udah leat 9x tp tetap aja seDiH,,,,,,ampe hafal dialogny

    filmNya simple tp ngena bget

    BalasHapus
  15. Filmnya bagus bikin sedih walau sampai ga nangis. Sebenernya bs sampai nangis tp akting dr pemainnya kurang (bukan bermaksud sok atau menjudge yah). Bank lucu banget sama attitudenya bagus walau agak seperti banci. Suka karakternya dimana dia bisa menyelesaikan masalah dengan tenang (seperti saat Golf marah2 di kelas bilang kalau dia ga punya hububgan apapun sm Bank namun Bank cuma tersenyun aja sambil ngangguk) dan dia juga ga macam2 ("walaupun aku gay bukan berarti aku bs pacaran dengan siapa saja"). Yang bikin sedih pas awal2 dimana si Bank dibully kakaknya. Padahal Bank saya yakin senang banget punya kakak karena dia ayahnya juga udah meninggal. Yang bikin senang pas mereka mulai deket, terus mereka ngobrol di bawah jembatan malam2 ngobrol dan diakhiri dengan sweetness dr Golf sama waktu di mini market saat mereka mau belanja untuk liburan gitu. 9/10 lah ya menurut saya. Tp saya juga mau nanya dong, di Thailand kok banyak film bertema gay ya? Apa karena disana sudah tidak tabu untuk menjadi gay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ea memang. Sebenarnya bukan gay yang udah ga tabu. Tapi dari dulu disana memang udah budaya transgender asli. Bahkan dianggap keberuntungan klo punya anak transgender. Tapi orang budaya transgender aja emang belum pernah tabu, maka budaya gaypun tak dianggap tabu

      Hapus
  16. ceritanya sedih bikin galau selama 4 hari

    BalasHapus
  17. Gw kecewa dengan ending nya..kl mnrt gw justru kesan nya maksa deh ending nya..typical film Thailand suka aneh pas ending..sorry kl mnrt gw ini film standard aja..mudah ditebak

    BalasHapus
  18. Keren parahh, berkali kali nonton msih bisa mewek, coba indonesia boleh bikin film sprti ini, yg gak selalu isinya orng jahat.

    BalasHapus
  19. Udah download lama film ini dri thun 2015...tpi baru smpet nonton sminggu ini, pas nonton dari awal smpe tengah romantis banget, dri tengah smpe ending sukses bikin nangis..Terutama pas baca surat trakhir dri golf bwd Bank..
    Gak kebayang klw pnya psangan kyak Golf..
    Smpe skrangpun msih teringet n truz mw nonton film my bromance...
    :'(

    BalasHapus
  20. Terima kasih semua sudah mampir dan komentar.

    BalasHapus
  21. walau udh pernah nonton dan itu udh lama bgt tapi ngebaca ceritanya lagi tetep sedih jadi kebayang waktu nonton dulu walau gk suka endingnya karna sedih tapi filmnya keren bgt

    BalasHapus
  22. Film ini keren bgt sukses bikin sedih aku pas nonton,,bagus bgt ceritax alurx alami.,,,selain ceritax yg bikin aku senyum2 + sedih nangis diam2 sampe nendang2 tembok yg bikin aku bertanya2 apakah benar di thailand itu sdh bisa terbukax masyarakatx menerima kalangan gay di tengah2 masyarakat contoh teman2 bank & golf ,, ibu bank d ibu p'thom yg ngejomblangin mereka,, and pacar golf yg tau dia suka bank ,,sama segitu jujurx mereka ngomong di depan semua ,,,kalau emang bgt adx aku kagum & salut buat orang2 thailand yg sebegitu berjiwa besar menerima pilihan hidup tiap orng

    BalasHapus
  23. Nonton ah cpa tau dapat inspirasi

    BalasHapus
  24. guenontontiap harini film.. g bosen.. gye mulai suka film thailand... fluke teerapat akting lo gue sukaa

    BalasHapus
  25. guenontontiap harini film.. g bosen.. gye mulai suka film thailand... fluke teerapat akting lo gue sukaa

    BalasHapus
  26. aku sangat suka sekali flim ya dan banyak aku pelajarin mengenai flim persahabatan,,cinta antar 2 insang,, mengenai flim ini dan konflik keluarga ya...aku berharap untuk orang diluar sana cinta dan perasaan itu tidak bisa dibohongin biarpun mereka seorang gay atau lesbian mereka mempunyai hak untuk memilih perasaan mereka dan hidup mereka.aku juga ingin masyarakat mau menerima biarpun tidak masuk akal pikiran kita.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. film bener2 kurang ajar, berhasil bikin senyum2 sendiri, dan endingnya makin kurang ajar ������, Galaunya hampir seminggu mikirin bank

    BalasHapus
  29. Sutradaranya gila. Sukses buat baper gw sharian. Mau nambah nton lg. Biarpun bkn gay, tp bnyak ilmu yg bsa diambil dr stu. Bru prtama kali nton film kren kya gni. Ga nyangka. Ada recomended film gini lg ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir semua. Coba cari di youtube. Ada banyak

      Hapus
  30. sakit hati lihat endingnya.
    gag tau mau bilang apa.
    air mata udah turun aja.

    BalasHapus
  31. Paling bagus film my bromance mau liat video nya sampe berkali2 pun mungkin gak akan bosen cuma gak sanggup karna air mata udah turun dulua 😂kenapa si p`glof harus meninggal ending nya alhasil bikin gua baper sampe berminggu2 😭😭

    BalasHapus
  32. film ni buat gue sedih selama seminggu gara2 mikirin bank yg ditinggal mati oleh pgolf , cz bikin gue ingin nyebarin ni film ke tmn2...

    BalasHapus
  33. gwe ga mau nonton lagi ini film, sumpah ending nya nyobek nyobek hati banget... sampe ke pikiran terus, bukannya lebay tapi emang ini ceritanya bagus banget. pertama nonton biasa aja karna sub nya belom ada setelah ada updatean yg ada sub indonya baru ngerti alur ceritanya dan bikin galau berhari - hari... sumpah ga boong

    BalasHapus
  34. Jdi inget masa remaja dulu nonton gak sadar berlinang aer mata,ampe saya donload film nya klo lgi galau dnger ost nya keren walopun kgak ngarti atrinya hahaha my bromance atep bnget dah hehe

    BalasHapus
  35. http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/01/pulau-ini-berganti-negara-setiap-6.html

    ♥ ♠ ♦ ♣ OPERAQQ. INFO ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari OperaQQ. org :) 1 ID Untuk 7 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami OperaQQ . info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan OperaQQ. info :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback 0.3% Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Operaqq. info Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Operaqq. info ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : BDB43A66
    - WHATSAPP :+855 964 93 0279
    - LINE : operaqq
    Link Alternatif :
    - www.opera99. com
    - www.operaqq. info
    - www.operaqq. org
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www lagi boss ^_^

    BalasHapus
  36. sebenarnya film ini ada brp versi sih??? saya dah muter" youtube tp nemunya film "my bromance" yg beda dari yg diceritakan disini... intinya saya dapet film my bromance yg beda dari yg ini, altor,n alur cerita lumayan beda, tp nama tokoh ttp sama, yaitu bank n golf...

    BalasHapus
  37. Emg keren banget, berkali kali nonton, selalu nemu saja kesimpulan baru mengenai film ini .. Apa lagi setelah tahu Golf itu sebenarnya masih hidup .. benar benar lega .. apalagi ada lanjutannya MB2 after 5 years Return ... waduh ga sabar mau nonton endingnya ni Bank & Golf yang dibintangi oleh 2-Fluke, mereka sudah bukan 2 remaja lagi, tapi 2 pemuda dewasa ...

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.