>

Rabu, 12 November 2014

Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Digital


Bahasa Inggris mungkin adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa di sekolah. Tak dipungkiri lagi penguasaan terhadap bahasa Inggris sangatlah penting, terutama di era modern dan digital ini. Arus informasi  begitu kuat mengalir terutama dalam bentuk digital yang bisa diakses melalui internet. Banyak  informasi tersebut yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris. Lalu bagaimana pembelajaran bahasa Inggris di era digital yang menyenangkan dan tak membosankan? Berikut akan diuraikan berdasarkan pengalaman mengajar di lembaga kursus bahasa Inggris dan juga gagasan yang bisa diterapkan.
 
Laboratorium bahasa modern (Sumber: Wikipedia)

Menggunakan laboratorium bahasa, saat ini laboratorium bahasa sudah dilengkapi dengan perangkat multimedia sehingga bisa digunakan untuk kegiatan lain selain listening yaitu watching movie, ya nonton film pastilah sudah tidak asing bagi banyak orang. Menonton film juga bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris karena hal ini menyenangkan dan juga tidak membosankan. Banyak skills yang bisa dilatih dari menonton film yaitu; mendengarkan dan berbicara. Siswa dikondisikan agar terbiasa mendengar tuturan native speaker, setelah itu siswa bisa diminta untuk menceritakan kembali tentang apa yang mereka dengar dan lihat. Siswa bisa menonton film yang diputar langsung di komputer yang dihadapi oleh siswa satu-satu.

Selain menggunakan film dalam bentuk file yang telah disimpan di dalam komputer master yang dikendalikan oleh guru, bisa juga menggunakan jaringan wifi dan mencari video-video pendek di youtube yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran. Untuk hal ini maka, guru perlu untuk memilah video yang sekiranya cocok. Selain  itu banyak juga vieo-video pembelajaran bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam kelas agar tidak monoton. Banyak video conversation dalam berbagai topik yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan oleh guru. Lagi-lagi siswa dikondisikan untuk terbiasa dengan tuturan native speaker, karena bahasa adalah kebiasaan. Semakin terbiasa dipakai dan diolah akan semakin bagus. 

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di laboratorium bahasa multimedia adalah mendengarkan lagu. Sederhana tetapi sangat membantu siswa dalam skills tertentu seperti pronounciation, listening dan tentu saja speaking. Siswa bisa diminta untuk mengisi lirik yang telah dikosongkan di layar komputer dan kemudian bisa menjawabnya. Setelah itu siswa bisa juga diminta untuk mengucapkan kata-kata yang didengar dalam lagu. Guru sebaiknya memperdengarkan lagu-lagu dengan pengucapan yang jelas dan tentu saja bernada slow. Setelah itu guru bisa memintanya untuk menceritakan tentang apa yang telah siswa dengar, tentang apa isi lagu tersebut.

Lalu bagaimana dengan skill writing dan reading? Skills tersebut bisa juga diajarkan dengan perangkat teknologi informasi. Misalnya dengan cara presentasi di depan kelas tentang tulisan siswa dalam hal ini bisa saja hasil tulisan siswa dalam bentuk teks berbagai genre. Kemudian ditampilkan di layar proyektor dan dibedah bagian-bagian teks dari hasil pekerjaan siswa. Pada sesi ini reading skill pun juga digunakan saat membacakan apa yang ada di layar proyektor. Banyak juga contoh-contoh teks bahasa Inggris yang bisa didapatkan dari internet yang bisa digunakan dalam kelas reading, hal ini sangat bagus karena menggunakan teks asli buatan native speaker (penutur asli).

Sosial media juag bisa digunakan untuk meng-upload tulisan siswa, katakanlah seperti facebook dengan fitur catatan, dimana siswa bisa menulis tugas mereka di catatan facebook.  kemudian menandai akun guru agar bisa dilihat dan dikoreksi. Hal ini juga untuk melatih rasa percaya diri siswa untuk berlatih menulis dalam bahasa Inggris.

Minta siswa untuk berteman dengan orang asing yang memakai bahasa Inggris dalam berkomunikasi di facebook. Dalam hal ini, siswa bisa mendapatkan materi real life English (bahasa Inggris nyata), yang tentu saja akan memuat bahasa slang dan tentu saja akan memperkaya penguasaan kosakata. Gunakan twitter juga karena banyak akun pembelajaran bahasa Inggris yang tentu saja sangat up to date, misalnya akun @EnglishTips4U.

Metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan multimedia adalah dengan menggunakan berbagai media yang sebagian telah disebutkan sebelumnya. Beberapa media yang bisa digunakan antara lain; printed text (teks cetak), video, film, radio, komputer dan juga internet. Pada dasarnya banyak sekali sumber-sumber pembelajaran bahasa Inggris yang bisa didapatkan dari internet, tentu saja guru harus memilah sumber tersebut agar sesuai dengan sasaran dari pembelajarannya.

Jadi ketika ingin membuat pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, berkreasilah dan gunakan internet dan juga perangkat teknologi informasi dalam kelas bahasa Inggris.

2 komentar:

  1. IZIN POST YA MIN..

    Ingin Menang Puluhan Juta Hanya Dalam Waktu Sehari??
    Bukan MIMPI Lagi!!!

    Situs Domino Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

    Info Lebih Lanjut
    BBM : 2BB20CA6
    Telp / WA : +85592428353

    SALAM JAYA TERUS
    ~~KHARISMA88~~

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.