>

Sabtu, 24 Mei 2014

Review CONQ Web series Episode 1-3

CONQ Web series merupakan sebuah web series  produksi Indonesia.  Web series ini didukung oleh The Ford Foundation, Kalyana Shira Foundation, dan Soda Machine Films. Web series ini ber-genre comedy drama dan terdiri dari 12 episode. Sampai saat ini baru tiga episode yang telah tayang. Lucky Kuswadi merupakan penulis, produser dan sekaligus  sutradara dari web series ini. Dibintangi oleh Rizal Irawan sebagai Lukas, Gia Partawinata sebagai Timo dan  Trisa Triandesa sebagai Aghi.
Tema dari web series ini memang masih tabu untuk diangkat di Indonesia; LGBT. Ya, web series ini bercerita tentang kehidupan dua sahabat Timo dan Lukas sebagai conq (baca; gay) Ibukota.
Web series ini bisa ditonton di Youtube channelnya CONQ. Dikemas dengan komedi yang apik dan memiliki kejutan di setiap episodenya.

Episode satu berjudul Unsterotype Me, pada episode ini dikenalkan Lukas dan Timo dua sahabat yang sangat berbeda satu sama lain. Timo yang doyan pesta mengajak Lukas untuk ikut ke pesta amal  dan mengatakan akan ada banyak kejutan di pesta itu. Sedangkan Lukas menolaknya. Di sinilah persahabatan mereka diuji. Dibahas juga arti kata ‘gay’ dari definisi kamus dan menghubungkannya dengan lifestyle gay Ibukota yang doyan pesta.
Episode dua berjudul The Perfect Profile (part 1) bercerita tentang online dating yang sedang ngetrend di kalangan conq. Ada beberapa aturan dalam online dating, seperti pemasangan foto profil yang menurut Lukas dan Timo itu berbeda pandangan. Tentunya untuk mendapatkan teman kencan. Grindr merupakan salah satu media sosial khusus gay yang dibahas pada episode ini.  Pada akhirnya Lukas pun berhasil menarik perhatian seorang pria dengan foto profilnya sendiri.
Episode tiga berjudul The Perfect Profile (part 2) berkisah tentang Lukas yang mengajak Aghi,  ke apartemennya, setelah kencan pertama mereka. Lukas dan Aghi—pria yang ditemui Lukas dari grindr. Lukas berencana untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius. Pada episode ini ada adegan make out, Aghi mengaku bahwa dirinya memiliki rahasia yang sangat besar yang membuat Lukas ragu akan dilanjutkan atau tidak hubungan ini.

Web series ini berusaha mendobrak tembok dan memiliki pesan yang terselip di setiap episodenya. Diunggah di Youtube membuat web series ini bisa ditonton oleh siapa pun dan di mana pun. Sebuah dobrakan yang sangat keras dalam dunia LGBT.

3 komentar:

  1. Punya file lengkapnya? Aku sempet nonton tapi baru sampe episode 7. Sayang banget keburu di private dengan alasan di boikot. Padahal banyak bgt pelajaran yg bisa kuambil dari series ini. Sayang bgt. Ingin bgt lihat sampe ending...

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://jakarta.coconuts.co/2015/09/11/indonesian-government-has-censored-lgbt-video-series-and-blog-conq

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar ya, follow @riefprudence Terima kasih.